Perkenalan

Setelah membuat blog bahasa Arab dan bahasa Ibrani, kali ini saya ingin membagi ilmu yang saya dapat dari mata kuliah Bahasa Persia lewat blog ini. 

Pada September 2013, jurusan saya membuka kelas Mata kuliah Bahasa Persia Dasar, dengan pengajar seorang doktor muda di bidang Bahasa dan Sastra Persia--asli Indonesia.

Setelah mengikuti pertemuan pertama di kelas Persia tersebut, saya mencatat berbagai informasi pengantar yang disampaikan oleh sang pengajar. 

Bahasa Persia adalah salah satu bahasa yang masuk ke dalam rumpun Indo-Eropa--sejajar dengan Bahasa Jerman, Inggris, dan sebagainya. Nama Persia mengacu pada asal di mana bahasa itu lahir. Sekarang wilayah itu tidak ada lagi karena sudah terpecah-pecah, tapi wilayah Persia terakhir berganti nama pada tahun 1930-an menjadi sebuah negara yang kita kenal saat ini, yaitu Republik Islam Iran.

Bahasa Persia digunakan kurang lebih oleh 100 juta penduduk dunia. Penuturnya tersebar di Iran, Afghanistan, Tajikistan, dan dua provinsi di Azerbaijan, yaitu Samarkhand dan Bukhara. Bahasa Persia sekiranya punya tiga ragam bahasa atau dialek, yaitu dialek Farsi, Pashtan, dan Dari. Aksara atau tulisan bahasa Persia atau Farsi ini pun beragam. Jika di Iran Bahasa Persia ditulis dengan aksara Arab, di Tajikistan Bahasa Persia ditulis dengan aksara Sirilik Rusia.

Beda aksara, beda sejarah. Mengapa di Tajikistan digunakan aksara Rusia? Ini karena Tajikistan pernah menjadi bagian dari Uni Soviet yang dipimpin oleh Rusia. Kalau di Iran beraksara Arab, berarti Iran pernah dijajah Arab? Benar sekali. Persia atau Iran sekarang pertama kali “dikuasai” oleh bangsa Arab pada zaman Khalifah Umar bin Khatab dan berlanjut hingga -+ 2,5 abad lamanya. Sebelum bangsa Persia mengenal aksara Arab Farsi, mereka menggunakan aksara Pahlevi atau yang kita kenal sebagai huruf Palawa, lebih kebelakang lagi ada huruf Paku, dan yang paling awal disebut dengan aksara Avesta.

Saya kan bisa ngaji, pasti bisa dong baca aksara Arab Farsi. Wes, ternyata tidak semudah itu. Justru saat kita pertama belajar membaca bahasa Persia kita diharuskan untuk membuang jauh-jauh mindset ke-arab-an kita. Walaupun sama-sama dibaca dari kanan ke kiri dan dengan bentuk huruf yang serupa, tidak berarti sama. Bahasa Persia memiliki pembunyian huruf yang berbeda dengan bahasa Arab, baik vokal maupun konsonannya.

Jika di Arab kita mengenal 28 huruf komponen, di Persia ada sekitar 33 konsonan. Kalau kalian familiar dengan aksara Arab Melayu, kira-kira aksara Persia persis seperti itu. Vokal bahasa Persia juga lebih berbeda dengan bahasa Arab, ada bunyi 'a' yang membelok seperti 'o', dan ada vokal bunyi 'e'. Secara gramatika, katanya Persia tidak sesulit Arab. 

Mengenai susunan atau struktur kalimat, Bahasa Persia lebih mirip bahasa di Eropa dan bahasa Altai. Bahasa Altai adalah salah satu jenis lain pengkategorian bahasa. Bahasa Persia sendiri masuk ke dalam golongan tersebut seperti bahasa Turki, Jepang, Korea, dan bahasa lain yang susunannya S-O-P.

Tanpa kita sadari, bahasa Persia juga banyak yang masuk ke dalam kamus bahasa nusantara sejak zaman nenek moyang dulu. Bagi kalian yang senang belajar bahasa asing atau bahasa kuno, Bahasa Persia bisa jadi peminatan baru, dan bagi kalian anak FIB UI, sok atuh ikut saya pilih mata kuliah ini. 

Kalau ada dari kalian yang lebih berpengalaman dari saya dalam bahasa Persia, mohon bantuannya, kakak ;) 


CMIIW!

Salam,

Erika Kurnia

4 komentar:

  1. Kak klo beli buku2 tentang bahasan Persia dimana kak. Kaya grammar nya gitu kak

    BalasHapus
  2. Kak. Saya mw buku bahasa Persia kak dimana ya kak. Klo dalam bahasa Arab itu kaya nahwu sorof. Dan Inggris grammar. Dan klo Persia itu apa kak. Intinya tata bahasa Persia aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hasan. Maaf baru balas. Sayangnya aku nggak sempat memperdalam grammarnya, karena cuma belajar 1 sks dulu. Aku coba hubungi dosen Persia tp blum dapat balasan nih. Sementara untuk belajar grammar bisa dari laman ini: http://persian.sdsu.edu/

      Hapus
  3. Kak. Saya mw buku bahasa Persia kak dimana ya kak. Klo dalam bahasa Arab itu kaya nahwu sorof. Dan Inggris grammar. Dan klo Persia itu apa kak. Intinya tata bahasa Persia aja

    BalasHapus